RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA/MAN
Mata
Pelajaran :
EKONOMI
Kelas/semester : X / 1
Materi
Pembelajaran : Permintaan
dan Penawaran
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi : Memahami konsep dasar ekonomi dalam
kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
B. Kompetensi Dasar : Menjelaskan hokum permintaan dan penawaran serta asumsi
yang mendasarinya
C. Indikator :
1. Kognitif:
a. Produk:
1)
Menginterpretasikan hukum permintaan dan
penawaran
2)
Member contoh penerapan hukum permintaan dan
penawaran
3)
Menganalisis asumsi yang mendasari hukum
permintaan dan penawaran
b. Proses:
1)
Mencermati tingkat harga dan jumlah barang yang
diminta
2)
Mencermati tingkat harga dan jumlah barang yang
ditawarkan
3)
Mendiskusikan asumsi yang mendasari terjadinya
permintaan dan penawaran
2. Psikomotor:
a.
Terampil membuat kurva permintaan
b.
Terampil membuat kurva penawaran
c.
Observasi langsung ke pasar terdekat
3. Afektif
a. Karakter:
Mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan
berpikir kritis, analitis terhadap kebijakan perubahan harga pasar.
b. Ketrampilan Sosial
Mengebangkan ketrampilan berkomunikasi terutama dalam
menghadapi proses permintann dan penawaran.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif:
a. Produk:
1)
Menginterpretasikan hukum permintaan
2)
Menginterpretasikan hukum penawaran
3)
Member contoh penerapan hukum permintaan dan
penawaran
b. Proses
1)
Mencermati tingkat harga dan jumlah barang yang
diminta
2)
Mencermati tingkat harga dan jumlah barang yang
ditawarkan
3)
Mendiskusikan asumsi yang mendasari terjadinya
permintaan dan penawaran
2. Psikomotor:
a.
Terampil membuat kurva permintaan
b.
Terampil membuat kurva penawaran
c.
Observasi langsung ke pasar terdekat
3.
Afektif
a.
Karakter
Mengembangkan karakter yang terkait dengan kemampuan
berpikir kritis, analitis terhadap kebijakan perubahan harga pasar.
b. Ketrampilan Sosial
Mengembangkan ketrampilan berkomunikasi terutama dalam
menghadapi proses permintaan dan penawaran.
E.
Materi
Pembelajaran:
1.
Pengertian hukum permintaan
2.
Pengertian hukum penawaran
3.
Asumsi yang mendasari hukum permintaan dan
penawaran
F.
Bahan:
Konsep
permintaan dan penawaran, deskripsi kurva permintaan dan penawaran serta harga
pasar.
G.
Alat:
LCD atau OHP dan
OHT (ringkasan hukum permintaan dan penawaran disertai asumsi yang
mendasarinya), spidol dan white board.
H.
Model
Pembelajaran:
1.
Model pembelajaran: Kooperatif
2.
Metode pembelajaran: diskusi kelompok dan
pembelajaran
I.
Langkah-langkah
Kegiatan:
Pembukaan (10 menit):
1.
Guru mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa
dan mengecek kesiapan kelas
2.
Guru melakukan apresepsi dengan mengulas kembali
pembahasan materi yang lalu tentang pengertian permintaan dan penawaran dan
menjelaskan kaitannya dengan pembahasan materi yang baru tentang hukum
permintaan dan penawaran. Selanjutnya guru menguraikan dengan jelas isi dan
asumsi dari hukum permintaan dan penawaran.
3.
Guru melakukan motivasi tentang pentingnya hukum
permintaan dan penawaran sebagai materi yang sangat krusial dan akan terus
berlaku dalam ilmu serta kegiatan ekonomi.
4.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
mempelajari konsep permintaan dan
penawaran bagi kehidupan siswa khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
Manfaatnya antara lain adalah siswa dapat berperan sebagai pengambil kebijakan
terutama dalam memutuskan tingkat harga pasar.
Kegiatan Inti
(70 menit):
1.
Siswa dikelompokan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa)
2.
Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan
hukum permintaan
3.
Kelompok
kedua diberi tugas untuk menguraikan hukum penawaran
4.
Masing-masing kelompok mempresentasikan tugasnya di depan kelas
5.
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan
Penutup (10 menit):
1.
Guru dan siswa melakukan refleksi
2.
Penilaian:
a.
Hasil kerja kelompok (kognitif)
b.
Lembar pengamatan (afektif)
c.
Lembar pengamatan (psikomotor)
3.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks ekonomi
J.
Sumber
Pembelajaran:
1.
Buku teks ekonomi kelas X
2.
LKS : konsep permintaan dan penawaran
3.
Kunci LKS : konsep permintaan dan penawaran
4.
LP 1: produk
5.
LP 2: proses
6.
LP 3: pengamatan perilaku berkarakter
7.
LP 4: pengamatan ketrampilan social
8.
Silabus
Daftar Pustaka
Adji.
Wahyu dkk., 2007, Ekonomi untuk SMA/MA
kelas X, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Dumairy, 1993, Matematika Terapan
Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta, BPFE Yogyakarta.
Samuelson dan Nordhaus, 2004, Ilmu
Makro Ekonomi, Edisi ke 17, Jakarta, PT. Media Global Edukasi.
LKS
KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Konsep
permintaan dan penawaran pada dasarnya membahas tentang jumlah barang yang
diminta dan ditawarkan dengan jumlah barang yang diminta dan ditawarkan. Konsep
permintaan dan penawaran di dalam pasar dapat menetukan tingkat harga
kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Konsep
permintaan dan penawaran menciptakan hukum ekonomi yang ceteris paribus dimana
perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Keadaan
demikian dapat digambarkan dengan kurva permintaan dan penawaran dengan
cirri-ciri sebagai berikut:
1.
Untuk kurva permintaan digambarkan membentuk
garis lengkung dari kiri atas ke kanan bawah dan berada di kuadran 1.
2.
Untuk kurva penawaran digambar membentuk garis
lengkung dari kanan atas ke keri bawah dan berada di kuadran 1.
Jika kurva permintaan dan penawaran
dipertemukan maka akan membentuk titik koordinat E (Equilibrium/ harga pasar)
yang mengandung pengertian harga yang sudah disepakati antara penjual dan
pembeli.
Tujuan:
1. Menjelaskan
konsep permintaan dan penawaran
2. Mendeskripsikan
kurva permintaan dan penawaran
3. Membedakan
cirri-ciri kurva permintaan dan penawaran
Bahan:
Konsep permintaan dan penawaran,
deskripsi kurva permintaan dan penawaran serta harga pasar.
Analisis:
1.
Permintaan dan penawaran
adalah…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..........
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran adalah ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.
Kurva permintaan Kurve
Penawaran
|
|
|
|
|
|
Jelaskan kurva tersebut di atas!
4.
Cirri-ciri kurva permintaan adalah…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5.
Cirri-ciri kurva penawaran adalah……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KUNCI LKS SISTEM
EKONOMI:
1.
Permintaan adalah jumlah harga dan barang yang
diminta pada pasar tertentu dan periode tertentu.
Penawaran adalah jumlah harga dan barang yang
ditawarkan pada pasar tertentu dan pada periode tertentu.
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi:
a.
Permintaan adalah :
·
Harga
·
Pendapatan
·
Selera
·
Penduduk
·
Musim
b.
Penawaran adalah :
·
Harga barang
·
Harga barang lain
·
Biaya produksi
·
Pendapatan
·
Harga komplementer
·
Barang substitusi
3.
Pada kurva di atas menunjukan
a.
P adalah jumlah harga yang diminta dan Q adalah
jumlah barang yang diminta. Apabila koordinat-koordinat dihubungkan satu dengan
yang lainnya akan membentuk satu garis yaitu garis permintaan (kurva
permintaan).
b.
P adalah jumlah harga yang ditawarkan dan Q
adalah jumlah barang yang ditawarkan. Apabila koordinat-koordinat dihubungkan
satu dengan yang lainnya akan membentuk satu garis yaitu garis penawaran (kurva
penawaran).
4.
Cirri-ciri kurva permintaan:
Untuk kurva permintaan digambarkan membentuk garis
lengkung dari kiri atas ke kanan bawah dan berada di kuadran 1.
5.
Cirri-ciri kurva penawaran:
Untuk kurva penawaran digambarkan membentuk garis
lengkung dari kanan atas ke kiri bawah dan berada di kuadran 1.
Lembar Penilaian (LP) 1: Produk
Soal:
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat!
1.
Jelaskan bagaimana terjadinya hukum permintaan!
2.
Jelaskan bagaimana terjadinya hukum penawaran!
Kunci LP 1:
1.
Hukum permintaan terjadijika harga barang tinggi
maka jumlah barang yang diminta turun,sebaliknya jika harga barang rendah, maka
barang yang diminta akan naik.
2.
Hukum penawaran terjdi jika harga barang tinggi
maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, sebaliknya jika harga barang rendah
maka barang yang ditawarkan akan turun.
Lembar Pengamatan
(LP) II: Proses
1.
Mencermati tingkat harga dan jumlah barang yang
diminta.
Jenis barang…………….
a.
Harga barang……………..
b.
Jumlah permintaan masyarakat akan barang
tersebut………
c.
Penentu harga barang di pasar………….
d.
Adakah intervensi pemerintah dalam menentukan
tingkat harga…….
Kunci LP II:
Jenis barang :cabe merah
a.
Harga cabe tidak stabil berdasarka situasi dan
kondisi
b.
Jumlah permintaan masyarakat akan cabe merah
adalah pada musim tertentu mengalami kenaikan harga (ketika lebaran dan natal
c.
Harga pasar terjadi karena ada kesepakatan
pembeli dan penjual
d.
Pemerintah menetukan harga maksimum dan harga
minimum terhadap harga barang tertentu
Lembar Pengamatan (LP) III: Afektif
Pengembangan Karakter:
No
|
nama
|
Berpikir
kritis
|
Analitis
terhadap kebijakan harga pasar
|
……………………..
|
Jumlah skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
-skor 1 = kurang
-skor 2 = cukup
-skor 3 = baik
-skor 4 = sangat baik
|
No comments:
Post a Comment