TEORI PEMASARAN




TEORI PEMASARAN

PEMASARAN :
-Aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara ke konsumen.
-Suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.
-Pemasaran melibatkan banyak kegiatan yang berbeda yang menambah nilai produk pada saat produk bergerak melalui sistem tersebut.

TUJUAN SISTEM PEMASARAN:
-Memaksimumkan konsumsi
-Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
-Memaksimumkan pilihan
-Memaksimumkan mutu hidup
-Kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan

EFISIENSI PEMASARAN

seberapa besar pengorbanan yang harus dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran menunjang hasil yang bisa didapatkan dari kegiatan pemasaran tersebut.

Efisiensi pemasaran dapat dicari dengan menghitung rasio “keluaran-masukan” dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Semakin tinggi nilai rasio keluaran-masukan, maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien.

FUNGSI PEMASARAN

1. Fungsi pertukaran
Produk harus dijual dan dibeli sekurang-kurangnya sekali selama proses pemasaran
Misal :
Produsen – Konsumen
Produsen – Tengkulak
2. Fungsi Fisis
pengangkutan, penggudangan, dan pemrosesan produk.
3. Fungsi penyediaan sarana
Informasi pasar
Standarisasi mutu
Pembiayaan
Penanggungan resiko
Resiko Fisis : angin, kebakaran, banjir, pencurian, kerusakan .
Resiko Pasar :tidak laku, harga jatuh, persaingan ketat

BIAYA PEMASARAN

Biaya pemasaran menunjukkan bagian dari pembayaran konsumen yang diperlukan untuk menutup biaya yang dikeluarkan dalam proses pemasaran.

-Biaya transportasi
-Biaya pengemasan
-Biaya penyimpanan/ penggudangan
-Biaya pemesanan
-Biaya merek dagang
-Pajak
-Biaya resiko kerusakan

SALURAN PEMASARAN

Jejak perpindahan barang dari produsen ke konsumen akhir.

Contoh : saluran pemasaran komoditi Jeruk
Petani  Tengkulak  Pedagang Pengumpul  Pedagang Pengecer  Konsumen

MARGIN PEMASARAN

Selisih harga di tingkat produsen dengan di tingkat konsumen.

Marjin pemasaran berbeda dengan biaya pemasaran meskipin ada kemungkinan besarnya marjin pemasaran sama dengan biaya pemasaran. Terkadang marjin pemasaran lebih kecil dari pada biaya pemasaran karena ada pelaku pasar yang menanggung kerugian.

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN

*STP
-SEGMENTASI
-TARGETTING
-POSITIONING

*MARKETING MIX
-Product
-Price
-Place
-Promotion

SEGMENTASI

-Segmentasi Geografik
negara, regional, propinsi, kota, kecamatan
-Segmentasi Demografi
umur, jenis kelamin, pendapatan
-Segmentasi Psikografik
kelas sosial, gaya hidup, kepribadian
-Segmentasi tingkah laku
kesempatan, manfaat yang dicari, status pengguna, tingkat pemakaian, status loyalitas

TARGETTING

kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri atau sifat hampir sama (homogen) yang dipilih perusahaan dan yang akan dicapai dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix).

MANFAAT TARGETTING

-Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran.
-Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar.
-Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru.
-Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin
-Mengantisipasi persaingan

TARGETTING

1.Strategi yang Tidak Membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
2.Strategi yang Membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
3.Strategi yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

DIFERENSIASI

-Diferensiasi produk
-Diferensiasi pelayanan
-Diferensiasi personil
-Diferensiasi saluran
-Diferensiasi citra

POSITIONING

tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997).

a. Positioning menurut atribut produk.
b. Positioning menurut manfaat.
c. Positioning menurut harga/ kualitas.
d. Positioning menurut penggunaan/ penerapan.
e. Positioning menurut pemakai.
f. Positioning menurut pesaing.
g. Positioning menurut kategori produk.

*PRODUCT
Keragaman produk
Kualitas
Desain
Ciri
Nama merek
Kemasan
Ukuran
Pelayanan
Garansi
Imbalan

*PRICE
Daftar harga
Rabat/ diskon
Potongan harga khusus
Periode pembayaran
Syarat Kredit

*PLACE
Saluran pemasaran
Cakupan pemasaran
Pengelompokan Lokasi
Persediaan
Transportasi

*PROMOTION
Promosi penjualan
Periklanan
Tenaga Penjualan
Kehumasan
Pemasaran langsung





No comments:

Post a Comment