Tips Merawat Motor Setelah Terkena Banjir

Musim penghujan masih berjalan, bagi pemilik kendaraan harus tetap safety menghadapi kemungkinan banjir yang sulit diprediksi sebelumnya. Khusus untuk pengendara sepeda motor yang sudah terlanjur terendam banjir, perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengembalikan kondisi semula. 

Jika motor anda terlanjur terkena banjir, jangan memaksakan motor untuk dihidupkan, karena kotoran atau endapan lumpur dapat masuk kedlam mesin dan dapat menyebabkan keausan. 

Tindakan yang tepat adalah mesin harus dibuka, mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder hingga karburator (non injeksi). Bila sepeda motor menyimpan air dalam mesin atau karburator maka tarikan motor menjadi mrebet dan bahkan mati mendadak. 

Setelah semuanya dilakukan, semua komponen direndam bensin atau cairan penetral guna menghilangkan karat. Jika anda kurang berpengalaman, sebaiknya serahkan ke mekanik yang berpengalaman. 

Oli juga wajib dikuras saat motor usai terendam banjir. Jika tidak dikuras, dikhawatirkan endapan kotoran atau air masuk ke sela-sela mesin dan tutup oli. 

Lalu bagaimana dengan sistem kelistrikan? langkah yang harus dilakukan adalah membuka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti saklar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam. karena jika tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan konsleting. 

Apabila komponen listrik tersebut sudah dibuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor dan jangan lupa semprotkan anti karat Terahir pasangkan kembali komponen mesin dan listrik dan lakukan pengetesan. 

Selanjutnya mengatasi kemungkinan rem belakang terutama teromol yang mengunci pasca terendam air. Masalah rem belakang mengunci usai melewati genangan air yang cukup dalam sering terjadi. Biasanya penyebabnya akibat permukaan kanvas rem yang basah atau lembab. Kondisi demikian menjadi lengket pada permukaan teromol. 

Untuk mengatasinya, usai mencuci segeralah memain-mainkan rem beberapa saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol dan juga permukaan kanvas rem. 

No comments:

Post a Comment