JURNAL UMUM DALAM AKUNTANSI



Jurnal umum dalam ilmu akuntansidiartikan sebagai buku harian yang digunakan sebagai tempat pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Pencatatan kedalam jurnal umum dilakukan berdasarkan bukti transaksi keuangan yang timbul akibat terjadinya transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan, pencatatan dilakukan secara historis sesuai dengan urutan waktu terjadinya transaksi keuangan dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Dalam akuntansi keuangan dikenal dengan due jenis buku jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, yaitu Jurnal Umum dan Jurnal Khusus. Jurnal Umum digunakan sebagai media untuk mencatat seluruh jenis transaksi keuangan tanpa terkecuali. Jurnal Khusus digunakan sebagai media untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan tertentu saja yang menjadi bagian dari setiap jenis Jurnal Khusus yang bersangkutan.

MANFAAT JURNAL UMUM
Dengan melakukan pencatatan dalam buku Jurnal kita bisa mengetahui hal-hal sebagai berikut:
1. Dianalisa apakah itu berakibat bertambahnya atau berkurangnya satu atau lebih perkiraan.
2. Dianalisa jumlah yang harus dicatat kepada satu perkiraan atau lebih
3. Dianalisa apakah satu atau lebih perkiraan di debet atau kredit
4. Dianalisa bahwa akibat suatu transaksi jumlah angka rupiah yang harus didebet dengan yang harus dikredit harus sama.
5. Dapat dibuat tanda atau refrence bahwa suatu jumlah telah diposting ke akun yang sesuai dengan dibuku besar sesuai dengan nomor akun

FUNGSI JURNAL UMUM
1. Fungsi Analisis, untuk menentukan perkiraan yang di debet dan perkiraan yang di kredit beserta saldo masing-masing akun sesuai transaksi keuangan yang terjadi.
2. Fungsi Pencatatan, untuk mencatat transaksi keuangan dalam kolom debet dan kredit sesuai nama akunnya serta keterangan yang relevan dengan transaksi keuangan yang terjadi.
3. Fungsi Historis, untuk mencatat aktivitas keuangan perusahaan secara kronologis atau sesuai dengan urutan terjadinya.
4. Fungsi Instruktif, berfungsi sebagai instruksi atau petunjuk dalam memposting ke dalam buku besar.
5. Fungsi Informatif, memberikan informasi untuk mencatat bukti transaksi

PROSEDUR PENYUSUNAN JURNAL UMUM
1. Mengidentifikasikan transaksi dari dokumen sumbernya atau bukti transaksi keuangan, misal slip deposito bank, penerimaan penjualan dan cek.
2. Menentukan setiap perkiraan yang dipengaruhi oleh transaksi tersebut dan mengklarifikasikan berdasarkan jnisnya (aktiva, kewajiban atau modal)
3. Menetapkan apakah setiap perkiraan tersebut mengalami penambahan atau pengurangan yang disebabkn oleh transaksi tersebut.
4. Menetapkan apakah harus mendebet atau menkredit perkiraan
5. Memasukan transaksi tersebut kedalam jurnal

No comments:

Post a Comment