MENAFSIRKAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
Bentuk Persamaan Dasar AKTIVA = MODAL
Akitva adalah adalah segala kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan sedangkan Modal adalah sumber kekayaan perusahaan yang berasal dari pemilik perusahaan. Dengan demikian persamaan Aktiva (harta) = Modal mempunyai arti bahwa kekayaan yang dimiliki perusahaan semuanya bersumber dari pemilik perusahaan.

Persamaan AKTIVA = UTANG + MODAL

Dalam persamaan ini terdapat tiga elemen persamaan yaitu aktiva, utang dan modal. Persamaan ini bermakna bahwa kekayaan yang dimiliki perusahaan berasal dari dua sumber. Sumber yang pertama adalah dari pihak lain (kreditur) dalam hal ini berbentuk Hutang, sedangkan sumber yang kedua adalah pemilik perusahaan dalam hal ini berbentuk modal. Persamaan dasar akuntansi yang menyajikan tiga elemen ini merpakan persamaan yang sempurna, artinya didalam persamaan telah memuat seluruh kekayaan perusahaan dan seluruh sumber kekayaan perusahaan yaitu bersumber dari Hutang dan Modal.
Persamaan Akuntansi dalam bentuk Aktiva = Hutang + Modal dapat dikembangkan lagi menjadi bentuk AKTIVA = UTANG + MODAL  + (PENDAPATAN - BEBAN)
Persamaan AKTIVA= UTANG + MODAL + (PENDAPATAN + BEBAN)

Dalam pengembangan ini terlihat dua elemen tambahan yaitu pendapatan dan beban. Pendapatan dan beban menunjukan laba rugi perusahaan dalam periode tertentu. Dengan kata lain sumber kekayaan perusahaan bertambah yaitu laba yang diperoleh dalam periode tertentu. Namun apabila terjadi kerugian, maka yang terjadi adalah sebaliknya yaitu kerugian akan mengurangi kekayaan perusahaan. Selain pengembangan diatas masih ada pengembangan lain yaitu apabila terjadi privedalam periode tertentu sehingga persamaan dasar akuntansi menjadi AKTIVA = UTANG (MODAL-PRIVE) + (PENDAPATAN- BEBAN)

Ilustrasi Pencatatan Transaksi ke Daftar Persamaan Akuntansi
Pada tanggal 1 Januari 2015 Pak Imam mendirikan sebuah jasa service elektronika yang diberinama Imam Service. Untuk modal awalnya pak Imam menyetorkan uang kas sebesar Rp 5.000.000

Pada tanggal 15 Januari 2015 pak Imam membeli peralatan elektronika untuk keperluan usahanya seharga Rp 300.000 dibayar perkas Rp 200.000 sisanya dibayar satu minggu yang akan datang.

Pada tanggal 20 Januari 2015 diterima jasa servis televisi dan sound system sebesar Rp 500.000
Pada tanggal 30 Januari 2015 dibayar beban listrik sebesar Rp 50.000

Berdasar ilustrasi diatas buatlah pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi.

Berdasarkan transaksi diatas maka dapat dilakukan analisis sebagai berikut:
Tanggal 1 Januari 2015
Analisis yang dapat dilakukan untuk transaksi tanggal 1 Januari adalah sebagai berikut:
Langka 1 menentukan akun-akun yang timbul atau akun-akun yang terlibat dalam transaksi.
Dalam transaksi penyetoran modal dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 5.000.000, maka akun yang terlibat adalalah akun kas dan akun modal.
Langkah 2 menentukan pengaruhnya terhadap Hutan, Harta dan Modal.
Dalam transaksi tanggal 1 maka dapat diketahui bahwa kas dan modal yang dimiliki perusaan servis yang dimiliki pak imam bertambah. Akun kas bertambah akibat adanya uang tunai yang disetorkan kedalam perusahaan oleh pemilik. Sedangkan modal usaha bertambah karena uang yang disetorkan tersebut sebagai modal awal usaha. Dengan demikian pada satu sisi Harta bertambah berupa Kas Rp 5.000.000 dan diimbangi dengan akun modal Rp. 5000.000 sehingga pengaruh transaksi terhadap pengaruh akuntansi adalah terjadinya perubahan antara Harta dan Modal.

Tanggal 15 Januari 2015
Analisis yang dapat dilakukan untuk transaksi tanggal 15 Januari adalah sebagai berikut:
Langkah 1 menentukan akun-akun yang timbul atau akun-akun yang terlibat dalam transaksi. Dalam transaksi pembelian peralatan elektronika yang dilakukan sebagian secara tunai dan sebagian kredit, maka akun yang muncul atau terlibat adalah akun peralatan, akun kas  dan akun Hutang Usaha.

Langkah 2 menentukan pengaruhnya terhadap Harta, Utang dan Modal.
Dalam transaksi tanggal 15 maka dapat diketahui bahwa akun peralatan bertambah karena telah dilakukan pembelian, akun kas berkurang karena telah digunakan untuk membeli peralatan elektronika seharga dan akun Hutang bertambah karena sebagian pembelian peralatan dilakukan secara kredit. Peralatan bertambah Rp 300.000 dan kas berkurang Rp 200.000 dan utang bertambah Rp 100.000. Dengan demikian pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi, yaitu Harta bertambah berupa peralatan Rp 300.000 dan harta berkurang berupa kas Rp 200.000 diimbangi dengan bertambahnya utang Rp 100.000.

Tanggal 20 Januari 2015
Analisis yang dapat dilakukan untuk transaksi tanggal 20 Januari 2015 adalah sebagai berikut:
Langkah 1 menetukan akun-akun yang timbul atau akun-akun yang terlibat dalam transaksi.
Dalam transaksi penerimaan pendapatan jasa servis per kas dari pelanggan sebesar Rp 500.000, maka dapat diketahui bahwa akun yang muncul adalah akun kas dan akun pendapatan jasa.

Langkah 2 menentukan pengaruhnya terhadap Harta, Utang dan Modal.
Dalam transaksi tanggal 20 Jannuari 2015 maka dapat diketahui bahwa kas dan pendapatan yang dimiliki perusahaan servis milik pak Imam bertambah. Akun kas bertambah akibat adanya uang tunai yang diterima pak Imam dari pelangganya atas jasa servis yang diberikannya, sedangkan akun pendapatan bertambah karena uang kas yang diterima oleh pak Imam atas pemberian jasa servis diakui sebagai pendapatan jasa. Dengan demikian pada satu sisi harta bertambah berupa kas Rp 500.000 dan diimbangi dengan bertambahnya akun pendapatan jasa sebesar Rp 500.000, karena penambahan pendapatan adalah akun yang memiliki pengaruh menambah modal sehingga pengaruh transaksi tanggal 20 Januari 2015 terhadap persamaan akuntansi adalah terjadinya perubahan antara harta dan modal.

Tanggal 30 Januari 2015
Langkah 1 menentukan akun-akun yang timbul dalam transaksi.
Dalam transaksi pembayaran beban listrik sebesar Rp 50.000 yang dilakukan jasa servis milik pak Imam dapat diketahui akun yang muncul adalah akun beban listrik dan akun kas.

Langkah 2 menentukan pengaruhnya terhadap Harta, Utang dan Modal.
Dalam transaksi tanggal 30 Januari 2015 maka dapat diketahui beban dalam hal ini beban listrik bertambah, sedangkan akun kas berkurang. Akun kas berkurang sebesar Rp 50.000 karena telah digunakan membayar beban listrik sedangkan beban listrik bertambah sebesar Rp 50.000 hal ini akibat dari adanya tagihan listrik yang menjadi tanggungan jasa servis milik pak Imam selama bulan Januari. Dengan demikian pada satu sisi harta berkurang berupa kas sebesar Rp 50.000, krena penambahan beban listrik adalah akun yang memiliki pengaruh mengurangi modal sehingga pengaruh transaksi tanggal 30 Januari 2015 terhadap persamaan akuntansi adalah terjadinya perubahan antara Harta dan Modal.

No comments:

Post a Comment