PELUANG BISNIS MODAL KECIL

Kalau diperhatikan, sekarang ini banyak sekali  pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar, bahkan Usaha Kecil Menengah (UKM) saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar pertumbuhannya. Adanya peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri. 
Kalau kita bica mengenai bisnis dengan modal kecil berarti kita harus tetap punya modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Kita tetap harus mengeluarkan uang, dan kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan kita jalankan. Modal, kemauan dan usaha  yang keras. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada disekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan kita jalankan. 

Beberapa Peluang Bisnis dengan Modal Kecil:
A. Bisnis Offline
1. Membuka Jasa Menjahit
Baanyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu. Biasanya mereka akan mencari jasa penjahit untuk menjahit pakaian mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang menyukai fashion, tetapi tentunya anda juga harus memiliki ketrampilan menjahit dan mendesain pakaian. 

2. Bisnis Kuliner
Kalau anda memiliki resep masakan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari bnyak orang , maka anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Usaha ini sangat cocok untuk orang yang menyukai kuliner. Karena tidak sedikit orang yang bisa mengembangkan bisnis ini bahkan sampai bisa membuka cabang ditempat lain.

3. Menjual Pulsa Elektrik
Memulai bisnis jual pulsa saat ini sangat mudah, hanya dengan modal Rp. 100.000 kita bisa memulai menjalankan bisnis ini. bisa dikerjakan dimna saja dan oleh siapa saja. Apalagi jika anda adalah aktivis dalam sebuah network, organisasi dimana anggotanya cukup banyak, maka bisnis jual pulsa sangat menguntungkan kita bisa menjual ke teman2 network dan organisasi kita.

4. Membuka Les Private
Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, kita bisa memberikan les private di rumah atau di tempat lain tergantung kondisi yang ada. 

5. Membuka Warung atau Toko Sembako
Bisnis ini sudah banyak yang mengerjakannyakarena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi dan juga modal yang kita miliki 

6. Jasa Design, Editing Foto dan Percetakan
Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan softeware editing foto seperti CorelDraw, Photoshop dan lainnya. Untuk membuka sebuah percetakan digital atau digital printing, anda tidak harus memiliki modal yang cukup besar. KIita bisa bermitra dengan pengusaha digital yang sudah berjalan.

7. Jasa Laundry
Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di sekitar kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di laundry. Bila anda merasa cocok dengan bisnis ini maka segerahah melakukan karena bisnis ini memang akan selalu dicari banyak orang.

B. Bisnis Online
1. Bisnis Affiliasi
Bisnis ini banyak dijalankan oleh banyak internet marketer baik diluar negeri ataupun dalam negeri. Kita tidak harus memiliki produk, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik melalui Blog, Social Media, Email dan lain-lain. Kita akan mendapat komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual.

2. Membuat Toko Online
Memiliki toko online itu sangat mudah. Bisnis ini bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline yang ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan sistem dorship yang ditawarkan oleh sebuah produsen barang.

3. Bisnis Iklan di Blog/Website
Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki Web atau Blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu bisnis iklan adalah dengan mengikuti progrm PPC (Pay Per Click) seperti Google adsence, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, dan lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah dengan cara menawarkan space iklan pada Blog anda dengan harga yang sudah anda tentukan. 

4. Menjadi Penulis Lepas
Yaitu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal. Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang-orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya fiverr.com, ads-id.com, dan masih banyak lagi.

5. Bisnis MLM Online
Bisnis Multi Level Mareting Online, tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, Follow Up calon member dan pembelian barang. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik. 

6. Menjual Jasa Online 
Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat Website/Blog Profesional atau yang biasa disebut Web Developer. Peluang usaha ini meurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk binsi mereka.

No comments:

Post a Comment