INVESTASI: CARA (LEBIH) CEPAT MENJADI KAYA

Menurut Sunariyah (2003:4):"Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lamadengan harapan mendapatkan keuntungan dimasa-masa yang akan datang". Menurut Husnan (1996:5) menyatakan bahwa proyek investasi merupakan suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik [proyek raksasa ataupun proyek keciluntuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang". pada umumnya manfaat ini dalam bentuki nilai uang,. sedang modal, bisa saja berbentuk tanah, mesin, bangunan dan lain-lain. Suatu proyek investasi umumnya memerlukan dana yang besar dan akan mempengaruhi pereusahaan dalam jangka panjang. oleh karena itu dilakukan perencanaan yang lebih teliti agar tidak terlanjurmenanamkan investasi pada proyek yang tidak menguntungkan.


Beberapa alasan melakukan investasi adalah sebagai berikut:

a. Produktivitas seseorang yang terus mengalami penurunan.
b. Tidak menentunya lingkungan perekonomian sehingga memungkinkan suatu saat penghasilan jauh lebih kecil dari pengeluaran.
c. Kebutuhan-kebutuhan yang cenderung mengalami peningkatan.

Tipe Investor menurut Profil Resiko

1. Defensive
Investor ini berusaha untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari resiko sekecil apapun dari infestasi yang dilakukan. Investor tipe ini tidak tidak mempunyai keyakinan yang cukup dalam hal spekulasi, dan lebih memilih untuk menunggu saat yang tepat dalam berinvestasi agar investasi yang dilakukan terbebas dari resiko.

2. Conservative
Investor ini biasanya berinvestasi untuk meningkatkan kwalitas hidup keluarga dan dengan rentang waktu investasi yang cukup panjang, misalnya untuk pendidikan perguruan tinggi anakatau biaya hidup dihari tua. Investor ini cenderung menanam investasi dengan keuntungan (yield) yang layak saja dan tidak memiliki resiko besar.

3. Balanced
Merupakan tipe investor yang menginginkan resiko menengah. investor tipe ini selalu mencari proporsi yang seimbang antara resiko yang dimungkinkan terjadi dengan pendapatan yang dapat diraih.


Jenis-Jenis Investasi
a. Tabungan di Bank
Dengan menyimpan uang di tabungan, maka akan mendapatkan suku suku bunga tertentu yang besarnya mengikuti kebijakan bank yang bersangkutan. Produk tabungan biasanya memperbolehkan kita mengambil uang kapanpun yang kita inginkan.

b. Deposito di Bank
Produk deposito hampir sama dengan produk tabungan. Bedanya, dalam deposito tidak dapat mengambil uang kapanpun yang diinginkan, kecuali apabila uang tersebut sudah menginap di bank dalam jangka waktu tertentu (tersedia npilihan antara satu, tiga, enam , dua belas, sampai dua puluh empat bulan, tapi ada juga yang harian). Suku bunga deposito biasanya jauh lebih tinggi dari suku bunga tabungan. selama deposito kita belum jatuh tempo, uang tersebut tidak akan terpengaruh pada naik turunnya suku bunga di bank.

c. Saham
Saham adalah kepemilikan atas sebuah perusahaantersebut. Dengan membeli saham, berarti membeli sebagian perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebutmengalami keuntunganb, maka pemegang sham biasanyaakan mendapatkan sebagian keuntungan yang disebut Deviden. Saham juga bisa dijual kepada pihak lain, baik dengan harga yang lebih tinggiyang selisih harganya disebut capitalgain maupun lebih rendah kita membelinya yang selisih harganya disebut capital loss.


d. Properti

Investasi dalam properti berarti investasi dalam bentuk tanah atau rumah. keuntungan yang bisa didapat dari properti ada dua yaitu:
1). Menyewakan properti tersebut ke pihak lain sehingga menghasilkan uang sewa
2). Menjual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi

e. Barang-barang Koleksi
Contohnya perangko, lukisan, barang antik, dan lain-lain. keuntungan yang didapat dari mengoleksi barang2 koleksi adalah dengan menjual koleksi tersebut pada pihak lain.

f. Emas

Emas adalah barang berharga yang paling diterima diseluruh dunia setelah mata uang asing dari negara-negara G-7 (sebutan bagi tujuh negara yang memiliki perekonomian yang kuat, yaitu Amerika, Jepang, Jerman, Inggris, Italia, Kanada dan Perancis). Harga emas akan mengikuti kenaikan nilai mata uang asing tersebut., semakin tinggi pula harga emas. Seringkali kenaikan harga emas melampaui kenaikan imnflasi itu sendiri.

g. Mata Uang Asing
Investasi dalam mata uang asing lebih beresiko dibandingkan dengan investasi dalam saham. karena nilai mata uang asingdi Indonesia menganut sistem mengambang bebas (free float) yaitu benar-benar tergantung pada permintaan dan penawaran di pasaran. Di Indonesia mengambang bebas membuat nilai mata uang rupiah sangat fluktuatif.

h. Obligasi
Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan, baik untuk menambah modal perusahaan atau membiayai suatu proyek pemerintah. Karena sifatnya yang hampir sama dengan deposito, maka agar lebih menasrik investor suku bunga obligasi biasanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga deposito.


7 TIPS INVESTASI AMAN BAGI PEMULA
1. Berinvestasi pada saat yang tepat
Kunci pertama dalam sukses berinvestasi adalah mengetahui terlebih dahulu bahwa seperti kehidupan, ekonomi juga berjalandengan siklusnya tersendiri. Mirip seperti musim yang berjalan hampir sama setiap tahun.. jika anda masuk pada saat yang tepatdala siklus tersebut, maka uang yang dihasilkan akan lebih banyak.

2. Tentukan siklus yang cocok dengan anda

Sebagai contoh, siklus finansial di AmerikaSerikat yang sudah pernah berjaya awal tahun 80 sampai akhir 90an sudah berakhir, kini mereka masuk ke siklus komoditas, seperti baja, minyak mentah, sawit dan sebagainya.

3. Amati tiap Siklus, Pilih yang Terbaik
Kunci ketiga dalam sukses berinvestasi adalah ketika memperhatikan siklus setiap instrumen investasi. Anda bisa memilih siklus mana yang siap menanjak. Sebagai contoh jika di AS sekarang ini sedang masuk di siklus komoditas, baja sempat menjadi yang paling seksi. Sekarang baja sudah milai turun dan siap digantikan oleh emas.

4. Cari Instrumen Investasi yang akan anda kuasai.
# Reksa Dana
yaitu wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia dim pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manager Investasi kedalam portofolio infestasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang, ataupun efek/sekuriti lainnya.

#Beli saham di pasar modal
dengan terjun langsung ke pasar modal anda bisa memiliki saham diperusahaan-perusahaan yang anda inginkan, tinggal menunjuuk broker yang profesional maka anda bisa langsung mulai. Biaya (fee) untuk broker pun tidak terlalu tinggi dan anda bisa dengan mudah melakukan diversifikasi untuk mengurangi resiko.

#Logam Mulia
Dengan membeli logam mulia, anda tidak perlu terlalu repot mengurusinya. tinggal didiamkan saja maka harganya akan naik. tapi ditengah krisis seperti ini, harganya berfluktuatif dengan cepat. kalau anda pintar, anda bisa membeli disaat murah dan menjualnya pada saat harga tinggi.

5.Investasi Harus Ditahan untuk Jangka Panjang

Hal ini dilakukan untuk menepis volatilitas dan resiko kerugian. kesalahan terbesar yang sering dilakukan investor adalah terlalu siap untuk melindungi portofolionya. sehingga sering panik ketika pasar jatuh dan melepas seluruh investasinya. padahal, sebaiknya investor harus yakin kalau tren melemah itu hanya bagian dari siklus yang nantinya akan kembali menguat, kecuali memang siklus instrumen investasi tersebut sudah mendekati puncaknya.

6. Evaluasi Setiap Tren Investasi
Menjadi investor yang bertolak belakang, tetapi tidak melawan pasar. Contohnya saat semua orang melakukan aksi beli, anda harus jadi penjual. Begitu juga sebaliknya. Seperti kata Warren Buffett, "anda harus rakus saat orang lain ketakutan, dan ketakutan saat orang lain rakus".

7. Ketahui Puncak dari Siklus Investasi Sebelum Jatuh
#Imbal hasil yang anda dapatkan tiba-tiba mengebut, lebih tinggi dari yang biasanya anda dapatkan dalam jangka waktu setahun. sebentar lagi inveswtasi ini akan mencapai puncaknya.
#Jika semua yang anda kenal, teman-teman, saudara dan tetangga membicarakan soal keuntungan hasil investasi yang didapat di instrumen yang sama dengan anda.

CIRI-CIRI MENDEKATI PUNCAKNYA

Jika banyak orang mulai berhenti kerja dan mengandalkan hidup hanya dengan berdagang sahamdan dibursa lewat online trading, atau menjadi broker properti. Contoh ini seperti menunjukan kedua instrumen investasi itu sudah mencapai siklus puncaknya, sudah saatnya anda mencari instrumen investasi baru dengan siklus yang masih muda.

2 comments:

  1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    ./'l'

    ReplyDelete
  2. Wow, Thank you artikelnya sangat informatif.
    Sayangnya kita tidak bisa mengalahkan keserakahan manusia.. di tahun 2019 ini banyak "investasi" dan "bisnis" yang membuat banyak uang rakyat menghilang (scam/ponzi/penipuan) sehingga banyak yang menempatkan uanganya pada tabungan dan bukan investasi..

    anyway,

    Keep up the good work..

    Main main juga di web web project saya ya..
    Hatur Nuhun..

    LK



    LSP Transafe
    Training for Trainer Sertifikasi BNSP - Transwish

    Indonesia

    Safety Training Indonesia - Transafe Indonesia
    Sea Survival BNSP
    HUET BNSP

    ReplyDelete