MATEMATIKA dan BERBAGAI MITOS YANG MENYELIMUTINYA

Selamat pagi sodara-sodara...
masih semangat baca tulisan saya???? harus semangat dong, hahahaha garing.
kali ini masih ingin membahas matematika. Sodara-sodara pasti sudah tidak asing lagi yah mendengar kata matematika, tapi kalo diminta untuk menjelaskan definisi matematika??? bagaimana??? hehehehe

Jadi, Apa sih Matematika?????

Pengertian Matematika sangat sulit didefinisikan secara akurat. Pada umumnya orang awam hanya akrab dengan satu cabang matematika elementer yang disebut aritmatika atau ilmu hitung yang secara informal dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang berbagai bilangan yang bisa langsung diperoleh dari bilangan-bilangan bulat 0,1.-1,2....dst, melalui berbagai operasi dasar: tambah, kurang, kali dan bagi.

Kata "matematika" berasal dari bahasa yunani yang artinya "sains, ilmu pengetahuan, atau belajar".

Pembagian umum bidang matematika: Studi tentang struktur, ruang dan perubahan.

Pelajaran tentang struktur dimulai dengan bilangan, pertama dan yang sangat umum adalah bilangan natural dan bilangan bulat dan operasi aritmatikanya yang semuanya itu dijabarkan dalam aljabar dasar. Sifat bilangan bulat yang lebih mendalam dipelajari dalam teori bilangan.

Investigasi metode-metode untuk memecahkan persamaan matematika dipelajari dalam aljabar abstra, yang antara lainmempelajari tentang ring dan field, struktur yang menggeneralisasi sifat-sifat yang umumnya dimiliki bilangan. Konsep vektor, digeneralisasi menjadi vektor ruang dipelajari dalam aljabar linear, yang termasuk dalam dua cabang: struktr dan ruang.

Ilmu tentang ruang berawal dari geometri, yaitu geometri Euclid dan trigonometridari ruang tiga dimensi(yang juga diterapkan di dimensi lainnya), kemudian belakangan juga digeneralisasi ke geometri non-euclid yang memainkan peran sentral dalam teori relativitas umum. Beberapa permasalahan rumit tentang konstruksi kompas dan penggaris akhirnya diselesaikan dalam teori Galois.

Bidang ilmu modern tentang Geometri diferensial dn Geometri aljabar menggeneralisasikan geometri ke beberapa arah: geometri diferensial menekankan pada konsep fungsi, derifativ dan arah, sementara dalam geometri aljabar objek-objek geometris digambarkan dalam bentuk sekumpulan persamaan polinominal. Teori grup mempelajari konsep simetri secara abstrak dan menyediakan kaitan antara studi ruang dan struktur. Topologi menghubungkan studi ruang dengan studi perubahan dengan berfokus pada konsep kontuinitas.

MITOS-MITOS YANG MENYELIMUTI MATEMATIKA


Matematika adalah ilmu pasti yang wajib dipelajari disekolah. Dari sekian survey yang diadakan bisa ditarik kesimpulan bahwa matematika merupakan momok besar bagi para siswa. Kecenderungan terhadap hal inimemang menjadi salah satu tantangan besar khususnya bagi para pendidik dan pengajar mata pelajaran yang berkaitan.


Berikut ini kupasan beberapa mitos sesat Matematika yang harus dihilangkan bersama-sama:

MATEMATIKA ADALAH ILMU ABSTRAK, TIDAK JELAS PENERAPANNYA DALAM KEHDUPAN
Koreksi, nah mitos inilah yang menjadikan banyak orang "emoh" terhadap "matematika" dan mereka menganggap matematika hanyalah pelajaran waktu disekolah saja. Jelas ini salah kaprah,. Bagaimana tidak? coba mari kita lihat lebih seksamabagaimana proses pembuatan jembatanjika tidak disertai dengan konsep hitungan matematis yang kuat, maka konstruksinyatidak akan bertahan lama. atau coba amati bagaimana komputeryang canggih itu bisa membantu manusia dalam berbagai aktivitas. Pada mulanya komputer itu ada karena matematika. Tengok lagi konsep-konsep kimia, fisika, ekonomi semua diciptakan menggunakan matematika. Satu hal sederhana yang ada dimatematika SMA adalah penerapan program linear untuk menemukan solusi optimum terhadap permasalahan fungsi objektif. Jelas bahwa matematika sangat erat bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari.

Ilmu matematika diantaranya meliputi aritmatika, geometri, aljabar dll kalau mau sok idealis tentu saja banyak manfaat matematika untuk ilmu laindan juga untuk kehidupan, misalnya:
#Kombinasi (statistika) bisa digunakan untuk mengetahui banyaknya formasi tim bola voli yang bisa dibentuk.
#Aritmatika hampir digunakan setiap hari, yaitu untuk hitung menghitung
#Geometris bisa digunakan para ahli sipil karena geometris salah satunya adalah membahas tentang bangun dan keruangan
#Aljabar bisa digunakan untuk memecahkan masalah bagaimana memperoleh laba sebanyak mungkin dengan biaya sedikit mungkin
#Mungkin dengan logika matematika juga bisa membantu untuk berfikir logis, tapi tentu saja bukan hanya matematika saja yang bisa membantu dalam berfikir logis


MATEMATIKA ITU MEMBOSANKAN

Koreksi: Matematika sangatlah menyenangkan bila kita sudah menjadikan matematika menjadikan salah satu alat untuk menemukan solusi terhadap sebuah permasalahan tertentu. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa matematika adalah mengubah permasalahan menjadi model matematika sehingga bisa ditemukan solusinya menggunakan penalaran dan menggunakan penalaran dan pemahamnkonsep matematika. Dalam proses menemukan jawaban dan solusi tidak terkait pada satu cara saja, tetapi ada banyak metode dan langkah penyelesaian yang bisa dikerjakan. kalau pepatah bilang"banyak ajalan menuju roma" rasanya ini cocok jika diungkapkan terhadap matematika.

MATEMATIKA ADALA PELAJARAN YANG SUKAR

Koreksi: Matematika tidaklah se-menakutkan tersebut. Sulit atau tidaknya satu subjek pelajaran memang relatif. Sebagai contoh perbandingan antara matematika SMP dengan pelajaran SMP lain. "Jika perbandingan sudut segitiga adalah 1:2:3 maka tentukan masing-masing sudut tersebut" dengan "sebutkan tiga tarian daerah sulawesi utara". Dari dua soal tersebut secara rata-rata jika diujikan kepada siswa maka soal matematika cenderung lebih banyak yang menjawab benar. Hal ini membuktikan bahwa jika pengetahuan dasar konsep bilangan dan perbandingan sewaktu SD sudah dikuasai maka langkah analisis dan menghitung akan cenderung lebih mudah dan mengasyikan.

BANYAK RUMUS YANG HARUS DIHAFALKAN

Koreksi,: Matematika bukanlah sekedar menghafalkan rumus. Roh dasar matematika adalah pemahaman konsep dasar dan tidak semua rumus harus dihafalkan. Karena memang dari sekian daftar rumus dalam satu bab, sebagai contoh rumus di bab trigonometri SMA, tidak semuanya harus dihafalkan. Cukup memahami konsep dasar trigonometri pada segitiga siku-siku, maka rumus-rumus yang lain akan muncul sendiri melalui pemahaman konsep dan pengembangan konsep. Atau dalam contoh lain, yakni konsep bangun ruang sisi lengkung SMP, hanya sedikit rumus yang dihafalkan konsepnya yaitu tentang luas bangun datar dan konsep volume yaitu luas alas kali tinggi, maka 90% rumus bangun ruang sisilengkung mudah dikuasai.

HARUS CEPAT DALAM MENGHITUNG
Koreksi: Memang satu hal ini menjadi mitos paling serius ditanggapi. Matematika memang berkaitan dengan hitung-menghitung seperti yang mutlak harus dikuasai waktu di SD dulu. Tapi menginjak SMP dan SMA hitung-menghitung hanyalah alat bantu untuk menemukan solusi pemecahan masalah matematika. Proses analisis penalran terhadap masalah atau soal sehingga bisa menemukan formula dan model matematika lalu diselesaikan menggunakan konsep menghitung. Jadi peranan penalaran dan pemahaman konsep adalah satu hal yang menjadi titik berat dalam matematika.

Jadi, kata siapa matematika itu sulit dan menakutkan???


DAFTAR PUSTAKA
Disadur seperlunya dari
Fathani, Abdul Halim. Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta. Ar Ruzs Media. 2009

Badaiteacher.wordpress.com/2009/06/26/apa-itu-matematika

Source: Siaran universitaria Universitas Pancasakti Tegal Oleh Munadi, M.Si dan Ibnu Shina, ST., M.Pd

No comments:

Post a Comment