BAGAIMANA AGAR PEMASARAN KOPERASI BERHASIL DAN MAMPU BERSAING???


  • Menjaga komitmen dan kualitas
  • Memberi jaminan kepada anggota untuk meningkatkan produktivitas untuk kemajuan koperasi
  • Memadukan kelebihan yang dimiliki
  • Sarana transportasi dan fasilitas yang canggih
  • Adakan gerakan sosial untuk pencitraan koperasi
  • Mengoptimalkan promosi melalui berbagai media

intinya:
TAHU BAGAIMANA CARA MENESUAIKAN DIRI DENGAN PASAR YANG TERUS MENERUS BERUBAH


USAHA KOPERASI
Usaha yang diperlukan bagi kesejahteraan kelompok secara khusus dan masyarakat luas secara umum.


Dalam UU no 17 tahun 2012

JENIS USAHA KOPERASI
  • Koperasi konsumsi
  • Koperasi produksi
  • Koperasi jasa
  • Koperasi simpan pinjam

KEUNGGULAN SISTEM USAHA KOPERASI

  • Lebih mudah diterima masyarakat karena mudah diakses terutama masyarakat desa
  • Adanya kewirakoperasian yaitu sikap mental yang positip dalam berusaha dengan cara yang kooperatif
  • keberanian mengambil resiko terkait dengan kesejahteraan anggotannya
KEUNGGULAN LAINNYA:

  • Mudah
_Prosedur peminjaman
_Menjadi anggota
_Struktur organisasi sederhana, birokrasi tidak rumit

  • Semakin banyak transaksi semakin banyak SHU
  • Menjual produk dengan harga  tinggi
  • Membeli dengan harga murah

POLA KETERKAITAN USAHA EKONOMI ANGGOTA DENGAN KOPERASI
  • Anggota: sebagai Produsen
  • Pelayanan Koperasi :(a) Pengadaan bahan baku dan faktor produksi, (b) kredit produksi, (c) Meningkatkan nilai tambah hasil produksi, (d) Pemasaran hasil produksi

  • Anggota: Sebagai Konsumen
  • Pelayanan koperasi: (a) pengadaan barang konsumsi, (b) pelayanan kredit konsumsi, (c) simpan pinjam, (d) pengadaan jasa angsuransi, (e) pengadaan jasa perumahan

No comments:

Post a Comment