COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN


"bagaimana melakukan aktivitas bisnis secara bersih"

A. Latar Belakang CSR
Perusahaan (organisasi usaha) --> bisnis-->perilaku kotor/penyimpangan: a) pemborosan, b) manipulasi, c) monopoli, d) dumping, e) menekan upah buruh, f) pencemaran lingkungan, g) nepotisme, h) kolusi, i) intimidasi, j) pembohongan publik
yang semuanya bertentangan dengan etika bisnis.

Disamping itu program PBB---> Melenium Development Goals (MDGs)

  • menghapuskan kemiskinan dan kelaparan ekstrim
  • mencapai pendidikan dasar universal
  • mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
  • mengurangi kematian anak
  • meningkatkan kesehatan ibu dan anak
  • melawan HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lain
  • menjamin keberlanjutan lingkungan hidup
  • mengembangkan kemitraan global bagi pembangunan
B. Pengertian CSR
Secaara umum konsep CSR-> 1970n
CSR berisi kebijakan dan praktik -> stakeholder, nilai-nilai pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan terhadap dan lingkungan.
CSR: keputusan perusahaan yang berkaitan dengan nilai-nilai etika, pemenuhan aturan hukum, menjunjung tinggi HAM dan kepedulian terhadap lingkungan..
CSR juga diartikan komitmen bisnis untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta sadar terhadap keadaan lingkungan.

C. Komponen CSR
Proteksi lingkungan, bantuan bencana kemanusiaan, pengembangan leadership dan pendidikan, proteksi kesehatan, pembangunan ekonomi, pasar, standar bisnis, keterlibatan dalam komunikasi, HAM dan jaminan kerja.

D. Alasan perlunya keterlibatan CSR
*Perubahan harapan dan keterlibatan masyarakat
*keterbatasan SDA
*kualitas lingkungann hidup
*perimbangan tanggung jawab dan kekuasaan
*keuntungan jangka panjang

E. Lingkungan CSR
*Keterlibatan perusahaan (organisasi usaha) dalam berbagai aktivitas sosial.
*keuntungan ekonomis
*pemenuhan aturan/ hukum yang berlaku
*menghormati hak dan kepentingan stakeholder

F. Implementasi dan sasaran CSR
berbagai upaya dapat dilakukan perusahaan dalam CSR
*cause promotion: galang dana untuk tingkatkan kesadaran masyarakat
*caused-related marketing: prosentase donasi masalah sosial
*corporate social marketing: kampanya merubah kebiasaan
*corporate philantrophy: inisiatif amal
*comunity volunteering: bantuan sukarela masyarakat setempat
*social responsibility business practice: praktik bisnis/ investasi untuk meningkatkan kualitas komunitas tertentudan lingkungan hidup

sasaran CSR---> konsumen, karyawan dan masyarakat dan lingkungan

G. dampak CSR
*Mengetaskan kemiskinan + mengurangi pengangguran
*meningkatkan standar pendidikan
*meningkatkan kesejahteraan masyarakat
*meningkatkan standar kehidupan
*mengatasi kerusakan lingkungan

No comments:

Post a Comment