- karena pada dasarnya manusia mempunyai kebutuhan yang tak terbatas
- untuk memeenuhi kebutuhan tersebut, pada awalnya manusia membuat/memproduksi sendiri benda2 pemuas kebutuhan
- terbatasnya sumberdaya pemenuh kebutuhan dan tidak meratanya sumberdaya di seluruh permukaan bumi yang mendorong orang untuk melakukan pertukaran dengan orang lain
- pertukaran pada awalnya dilakukan secara barter, keudian berkembang menjadi transaksi yang semakin modern menggunakan uang sebagai alat tukar
PARADIGMA PEMASARAN
dulu---> SALES---> melakukan segala cara persuasif agar orang lain mau membeli apa yang kita tawarkan
kini---> PEMASARAN---> menekankan pada pemenuhan akan kebutuhan manusia---> mengidentifikasi peluang usaha---> menciptakan alat kebutuhan manusia
PEMASARAN
- Temukan keinginan pasar dan penuhilah
- Buatlah apa yang bisa dijual dan jangan berusaha menjual apa yang bisa dibuat
- Cintailah pelanggan, bukan produk anda
- Lakukanlah menurut cara anda
- Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang syarat dengan nilai, mutu dan kepuasan
PEMASARAN
#Philip Kotler: PEMASARAN adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran
#W Stanton: PEMASARAN adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pembeli
No comments:
Post a Comment