KOPERASI SEBAGAI LEMBAGA PEMASARAN

Lembaga pemasaran adalah lembaga yang mengadakan kegiatan pemasaran, menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen serta mempunyai hubungan organisasi satu dengan yang lain.

KOPERASI MEMPUNYAI FUNGSI PEMASARAN DENGAN MEMPERHATIKAN:


  • Produk apa yang dihasilkan
  • Bagaimana penetapan harga produk tersebut
  • Bagaimana mempromosikan produk agar dikenal
  • Bagaimana mempromosikan produk tersebut

Berdasarkan identitas koperasi bahwa anggota adalah sebagai pemilik dan pelanggan, maka pemberian pelayanan kepada anggota harus memuaskan. Pelayanan tersebut berupa:

  • Pelayanan sepenuhnya hanya kepada anggota
  • Pelayanan yang lebih baik diberikan kepada anggota daripada bukan anggota
  • Pelayanan yang sama diberikan kepada anggota dan bukan anggota
FAKTOR YANG MENGHAMBAT KEMAJUAN KOPERASI DILIHAT DARI SEGI PEMASARANNYA:
  • Biaya pengolahan input tinggi
  • Kualitas barang yang dihasilkan masih kurang baik
  • Barang hasil produksi kurang dikenal
  • Lokasi penjualan yang kurang strategis
  • Lemahnya modal
  • Tingkat margin keuntungan yang diterima koperasi sangat kecil karena usaha pemasaran yang ralatif panjang
  • Terbatasnya informasi dan data
  • Rendahnya pengetahuan dan ketrampilan anggota terhadap pemasaran serta pemahaman pasar
  • Kurangnya informasi pasar bagi koperasi
  • Para anggota sebagai individu, petani atau produsen, industri kecil dan peternak kecil lebih menyukai pergi sendiri ke pasar
  • Pemasaran bersifat lokal

No comments:

Post a Comment