KOPERASI MEMPUNYAI FUNGSI PEMASARAN DENGAN MEMPERHATIKAN:
- Produk apa yang dihasilkan
- Bagaimana penetapan harga produk tersebut
- Bagaimana mempromosikan produk agar dikenal
- Bagaimana mempromosikan produk tersebut
Berdasarkan identitas koperasi bahwa anggota adalah sebagai pemilik dan pelanggan, maka pemberian pelayanan kepada anggota harus memuaskan. Pelayanan tersebut berupa:
- Pelayanan sepenuhnya hanya kepada anggota
- Pelayanan yang lebih baik diberikan kepada anggota daripada bukan anggota
- Pelayanan yang sama diberikan kepada anggota dan bukan anggota
FAKTOR YANG MENGHAMBAT KEMAJUAN KOPERASI DILIHAT DARI SEGI PEMASARANNYA:
- Biaya pengolahan input tinggi
- Kualitas barang yang dihasilkan masih kurang baik
- Barang hasil produksi kurang dikenal
- Lokasi penjualan yang kurang strategis
- Lemahnya modal
- Tingkat margin keuntungan yang diterima koperasi sangat kecil karena usaha pemasaran yang ralatif panjang
- Terbatasnya informasi dan data
- Rendahnya pengetahuan dan ketrampilan anggota terhadap pemasaran serta pemahaman pasar
- Kurangnya informasi pasar bagi koperasi
- Para anggota sebagai individu, petani atau produsen, industri kecil dan peternak kecil lebih menyukai pergi sendiri ke pasar
- Pemasaran bersifat lokal
No comments:
Post a Comment